Tuak

Tuak adalah minuman yang beralkohol dengan proses fermentasi khas dari INDONESIA. Bahan baku yang sering digunakan dalam proses membuat tuak iyalah beras,pohon enau/nipah/jaka, dan buah-buahan (yang mengandung gula). Dari banyaknya bahan yang bisa di temukan di indonesia, setiap Provensi mempunyai proses fermentasi yang berbeda-beda, dan kadar alkoholnya pun berbeda- beda untuk membuat TUAK khas daerahnya. 
  • BALI: Provensi bali adalah pulau seribu pura yang Terkenal di dunia akan pariwisatanya yang eksotis. Selain pariwisatanya yang eksotis, bali juga terkenal akan minuman tradisionalnya, yaitu tuak dan arak. Di bali tuak berasal dari pohon jaka/enau yang diambil airnya lalu fermentasi. Kadar alkohol tuak di bali cukup tinggi,dan terkadang minuman tuak di bali di sajikan saat upacara adat agama.
  • SUMATRA UTARA: Sumatra utara, khususnya orang BATAK terkenal akan Budaya dan danau Toba yang indah, selain ke indahan alamnya, Sumatra Utara juga terkenal dengan minuman tradisionalnya, yaitu tuaknya. Tuak sumatra utara berasal dari pohon enau/jaka yang di ambil airnya dan difermentasi hingga menjadi putih sampai berbau yang khas. Kadar alkohol tuak di sumatra utara cukup tinggi dan tuak di minum disaat acara keluarga, upacara adat, dll.
Manfaat Tuak
  • Tuak manis: manfaatnya untuk digunakan bagi yang sulit tidur, tuak manis bisa menjadi obat penenang yang di golongakan herbal (takaran 1 gelas/hari)
Efek Samping Tuak
  • Tuak jika diminum berlebihan terus menerus bisa merusak oragan tubuh (lever)
  • Tuak jika diminum berlebihan bisa memabukan, karena tuak yang sudah dicampur dengan raru mempunyai dosis alkohol yang tinggi hingga 4%-5%
Reffrensi: 
https://id.wikipedia.org/wiki/Tuak
http://efeksamping.com/manfaat-tuak-manis-serta-efek-sampingnya/

0 komentar